Software Quran terlengkap
Latest News
Jumat, 29 April 2011

New Serial Cinta Anis Matta


Seperti angin membadai.. kau tak melihatnya, tapi merasakannya. Begitulah cinta, ia ditakdirkan menjadi kata tanpa benda. Seperti banjir menderas, kau tak kuasa mencegahnya dan hanya bisa ternganga saat ia menjamah seluruh permukaan bumi. Demikianlah cinta.

Cinta ditakdirkan menjadi makna paling santun yang menyimpan kekuatan besar. Tak terlihat, hanya terasa. Tapi dahsyat.

Cinta seperti api yang menyala-nyala. Kau tak kuat melawannya. Hanya bisa menari saat ia mengunggun. Seperti itulah cinta..

Cinta adalah kata tanpa benda. Mutiara bagi ribuan makna. Wakil dari sebuah kekuatan tak terkira. Tapi ia jelas, sejelas matahari.

Cinta adalah lukisan abadi dalam kanvas kesadaran manusia. Lukisan. Bukan definisi. Ia disentuh sebagai sebuah situasi manusiawi..

Cinta merajut semua emosi manusia.. begitu agung tapi juga terlalu rumit.. begitulah cinta. Cinta adalah makna kebenaran dalam penciptaan.. Cinta tidak tumbuh dalam hati yang dipenuhi keangkuhan, angkara murka dan dendam...

Iman itu laut, cintalah ombaknya.. Iman itu api, cintalah panasnya.. Iman itu angin, cintalah badainya..

Cinta itu memanusiakan manusia dan mendorong kita memperlakukan manusia dengan etika kemanusiaan..

Cinta adalah kegilaan jiwa. Saat ia merasuki jiwa, energimu jadi berlipat, mendidih bak kawah yang siap meledak dan membakar sekelilingnya.

Cinta adalah kekuatan perubahan yang dahsyat. Selalu berusaha memahami dan menghidupkan. Membuat manusia lebih peka dan saling menghargai. Tidak seperti kekerasan, cinta justru butuh kesabaran dan usaha dari dalam. Lebih dari sekedar kekuatan fisik.

Kekuatan cinta mampu membelah badan bulan. Mampu memecahkan tengkorak tanpa pukulan, bahkan menghancurkn tentara Fir'aun tanpa pertempuran.

Saat kamu berperang di bawah bendera kebenaran, cinta mengendalikan motif dan caramu berperang. Meski tetap ada kekerasn dan darah, cinta membuat perang menjadi agung, etis dan manusiawi. Maka mereka yangg tak terlibat dalam perang tak boleh dijadikan korban

Saat cinta lenyap dari kehidupn, maka tak ada lagi kedermawan kolektif yang membuat kita mau berbagi. Yang tersisa hanyalah keserakahan. Keserakahan di sisi lain akan menimbulkan kemiskinan. Kemiskinan akan mengubah orang menjadi pendendam dan mencari kambing hitam..

Hanya cinta yang mampu merekatkan dan mengubah dendam dan keserakahan.. Karena hakikat cinta adalah memberi dan berbagi... Cinta jugalah yang mampu mengubah dunia menjadi sepenggal firdaus...

Arafah, inilah potret negeri cinta. Seluruh jiwa menyatu dalam lukisan yang rumit: disatukan oleh kekuatan cinta yang lahir karena kekuatan iman. Arafah adalah potret negeri cinta. Saat pasukan cinta datang membebaskan jiwa-jiwa manusia dari belenggu yang membatasi hidupnya dari sekat tanah dan etnis

Arafah adalah potret negeri cinta. Saat celupan cinta jiwa-jiwa muncul dalam kesamaan-kesamaan yang baru. Keramahan yang tulus, kerendahan hati yang natural. Arafah adalah potret negeri cinta.. Negeri yang menunjukkan bahwa batasan negeri kita adalah ruang hati kita. Seluas apa ruang hati kita dapat menampung orang lain dengan cinta, seluas itulah negeri yang kita huni. Arafah adalah potret negeri cinta yang menunjukkan selama apa cinta dapat bertahan dalam hati kita, selama itulah umur negeri kita

Cinta selalu mampu menjalin setiap jiwa dalam kelembutan yang menyamankan. Cinta juga selalu mampu menampung semua bentuk perbedaan.

Cinta juga melahirkan pertanggungjawaban pada stiap mereka yang selalu bertanya mampukah mempertanggungjawabkan sikapnya di depan Sang Khalik. Cinta juga melahirkan kelembutan. Seperti sapu lidi yang direkatkan oleh cinta untuk membersihkan kehidupan. Tapi ikatan cinta mengatur irama para pencintanya dalam keserasian yang indah. Itulah sebabnya mereka kuat. Juga Nyaman dan abadi.

Taman Hati ialah taman hidup. Meski sempit ruangnya, tapi cinta mampu membuatnya menjadi lapang. Cinta membuatnya nyaman dihuni. Kenyamanan itulah rahasia jiwa yang diciptakan cinta. Ia bisa membuat kita bertahan memikul beban, melampaui gelombang peristiwa dan tetap merasa damai.

Cinta menciptakan kenyamanan yang menyerap semua emosi negatif; masuk dalam serat jiwa melalui himpitan peristiwa kehidupan. Cinta juga mampu mengobati segala luka. Semua luka emosi yang kita alami sepanjang hidup hanya mngkin dirawat di sana, dalam rumah cinta.

Dalam rumah cinta kita menemukan sistem perlindungan emosi yang ampuh. Karena hakikat cinta itu sesungguhnya hanya satu : memberi. Cinta dan memberi itu seperti pohon, mulanya ia menyerap matahari dan air. Kemudian mengeluarkan semua kebajikan yang ada dalam dirinya.

Cinta mengajarkan kita memperoleh hak-hak kita dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban kita pada orang lain. Karena itulah cinta saling menggenapi dan mempertemukan dua kutub jiwa.

Di alam jiwa, sayap cinta sesungguhnya tak pernah patah. Kasihnya pasti akan selalu sampai. Karena bila ada cinta di hati yang satu, pasti ada cinta di hati yang lain. Seperti satu tangan yang takkan bisa bertepuk tanpa tangan yang lain

Ketika kasih tak sampai, atau uluran cinta tertolak, sesungguhnya yang terjadi hanyalah kesempatan memberi yang lewat. Karena selama kita memiliki cinta.. kita akan selalu memiliki sesuatu yang kita berikan pada yang lain. Sesungguhnya kita menderita bukan karena kita mencintai. Tapi karena kita menggantungkan sumber kebahagiaan kita pada orag lain yang tidak mencintai kita.

Jalan para nabi kita adalah jalan cinta. Kita adalah anak-anak cinta. Dan cinta adalah ibu kita. Jalan cinta selalu melahirkan perubahan besar dengan cara yang sangat sederhana. Karena ia menjangkau pangkal hati secara langsung.

Cinta adalah kutub jiwa yang berlawanan dengan tirani; ia lahir dari respek dan penghargaan kepada manusia. Saat kekuasaan mendapatkan sentuhan cinta,wajahnya berubah: gurat-gurat kekejaman segera berganti menjadi garis-garis kerentaan dari penguasa yang melayani.

Hanya dalam genggaman cinta kekuasaan berubah jadi alat untuk melindungi, melayani dan menyejahterakan rakyatnya. Dengan energi cinta sang penguasa bukan lagi kuda liar yang setiap saat bisa melompat dari kandang dengan energi kekuasaan..

Sang penguasa dalam genggaman cinta adalah mata air kebajikan yang pada satu saat bertemu dengan hujan deras kekuasaan, maka jadilah ia banjir; kebajikan melimpah ruah dalam muara masyarakat manusia. Demikianlah energi cinta memberi dan melayani.

Sebaik-baik pmimpin adalah yang kalian cintai dan ia mencintai kalian. Seburuk-buruknya pemimpin kalian adalah yang kalian benci dan ia membencimu.

Cinta adalah kata yang mewakili seperangkat kepribadian yang utuh: gagasan, emosi dan tindakan. Tapi kebanyakan orang seringkali hanya mengambil bagian tengah dari cinta: emosi. Dalam kehidupan mereka, cinta adalah gumpalan perasaan yang romantis dan indah. Mereka bahkan menderita untuk menikmati romantika cinta. Itulah karenanya kehidupan mereka tidak berkembang..

Cinta adalah sebuah totalitas. Di sana gagasan, emosi dan tindakan menjdi kesatuan yang utuh dan bekerja bersama demi kebahagiaan orang-orang yang kita cintai. Orang-orang dengan kepribadian yang lemah dan lembek tidak dapat mencintai dengan kuat. Para pencinta sejati selalu datang dari orang-orang dengan kepribadian yang kuat.

Cinta itu indah. Bekerja dalam ruang kehidupan yang luas. Inti pekerjaannya adalah memberi, pada orang-orang yang kita cintai untuk tumbuh menjadi lebih baik. Para pencinta sejati hanya mengenal satu pekerjaan besar dalam hidup mereka: memberi. Terus menerus memberi... begitulah cinta. Menerima? Itu mungkin dan bisa jadi pasti! Tapi itu hanya efek. Seperti cermin kebajikan yang memantulkan kebajikan yang sama.

Pencinta sejati menjadikan dirinya seperti air dan matahari. Ia membuat orang lain tumbuh dan berkembang dengan siraman air dan sinar cahayanya.

Para pecinta sejati tak suka berjanji. Tapi begitu mereka memutuskan mencintai seseorang, mereka segera membuat rencana memberi.

Para pecinta sejati tak suka berjanji. Karena janji menerbitkan harapan. Tapi pemberian melahirkan kepercayaan. Berbeda dengan janji, rencana memberi yang terus terealisasi menciptakan ketergantungan. Ketergantungan yang menghidupkan..

Cinta adalah cerita tentang seni menghidupkan hidup. Mereka menciptakan kehidupan bagi orang-orang untuk hidup. Meski kehidupan yang mereka bangun sering tidak disadari oleh orang-orang yang menikmatinya.

Hadirnya cinta sejati akan sangat terasa begitu ia pergi. Saat itu ada kehilangan menyayat hati. Ada ruang besar kehidupan yang tak berpenghuni

Saat seseorang kehilangan cinta sejati, maka di langit hatinya akan ada mendung pekat yang bisa menurunkan hujan air mata yang amat deras.

Intinya cinta adalah memberi, pemberian pertama seorang pencinta sejati adalah perhatian. Perhatian yang lahir dari lubuk hati paling dalam.

Perhatian adalah pemberian jiwa: sebuah kondisi dimana kamu keluar dari dirimu menuju pada orang lain yang kamu cintai..

Kekuatan para pencinta sejati adalah bahwa mereka pemerhati yang serius. Mereka memperhatikan orang yang mereka cintai secara intens dan menyeluruh.

Perhatian: itulah rahasia agung dari cinta. Saat ia hilang, jiwa orang yang dicintai tersiksa, mungkin ia tak mengatakan, tapi ia merasakan.

Pekerjaan kedua bagi para pecinta sejati setelah memperhatikan, adalah menumbuhkan. Menumbuhkan sang kekasih untuk menjadi lebih baik dan berkembang. Inilah cintanya cinta.

Pertumbuhanlah yang membedakan cinta yang matang dengan cinta seorang melankolik. Penumbuhan memberikan sentuhan edukasi pada hubungn cinta.

Sukses pecinta sejati adalah seperti sukses cinta seorang guru pada muridnya. Saat nafas cintanya meniup kuncup pun mekar menjadi bunga. []

Sumber : Kulwit @Anis Matta

Iklan Anda
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

39 komentar:

  1. hati jg sbgai lentera jiwa yg akan menuntun prilaku dan sifat manusia kearah budi yg luhur

    BalasHapus
  2. sebuah hubungan laksana kereta yg berjalan diatas rel kebaikan,sejalan menuju tujuan..( ingat kata2 Anis Matta,EXCELLENT)..Jika salah satu atau keduanya keluar dr rel kebaikan,hancur sudah lambat laun..amati n pelajari sj sekitar kita.

    BalasHapus
  3. cinta yg pling indah adlh cinta krn Allah yg dbrengi dgn iman & taqwa..

    BalasHapus
  4. cinta adl suara hati,fitrah KEBAIKAN..bkn emosi,maka jagalah dg kedekatan pd DIA Yg Maha Baik

    BalasHapus
  5. Tulisan Anis Matta mantul, mantab betul

    BalasHapus
  6. Cita rasa yang khas...Cinta=الحب=al-Hubb

    BalasHapus
  7. Anis Matta emang keren tulisannya

    BalasHapus
  8. berisi dan bermakna...
    penuh inspirasi
    Narasi makna cinta yg berisi...

    BalasHapus
  9. hmmm...
    Kalo satu kata saja bisa dieksploitir menjadi sedemikian makna, arti, pandangan...???
    Apa 6666 ayat yg ada pada Kitabullah Al-Qur'an masih patut dipertentangkan, diragukan, diinjak-injak...!!!
    Allohu'alam bi showab...hihihi
    Salam beben koben si bloglang anu ganteng kalem tea \m/

    BalasHapus
  10. benar-benar mantab... itulah yang menggerakkan kita

    BalasHapus
  11. alhamdllh, pas blio lg update twiit #serialcinta tsb, saat itu jg ane simak setiap detik-menitnya, luar bysa memang,... sungguh inspiratif tulisan2 blio. follow me: @addien09, http://bit.ly/m1ama9

    BalasHapus
  12. Seluas apa ruang yg anda beri utk cinta, seluas itulah ruang yg anda huni kelak. '' DEEP OCEAN...serial cinta ANIS MATTA.

    BalasHapus
  13. cintanya para pecinta...!!!

    BalasHapus
  14. Cinta itu memanusiakan manusia, dan mendorong kita memperlakukan manusia dengan etika kemanusiaan..

    Subhanallah ...

    BalasHapus
  15. Benar Kata Ustadz Anis, Cinta adalah jawaban semua keajaiban di dunia. Keajaibannya bahkan berlangsung hingga ke akhirat, dimana Robbuna Jalla Jalaluhu akan mempertemukan semua makhluk yang telah membuktikan cintanya kepada Nya, Kepada Dien Nya, Kepada Rasul Nya... Ya Robbana penuhkan hati ini dengan Cinta kepada Mu, Kepada Dien Mu, dan Kepada Rasul Mu... Amin...

    BalasHapus
  16. Subhanallah...episode cinta generasi adam-hawa hingga tausiyah cinta ustadz Anis Matta. Sungguh demikian hebatnya energi cinta manakala ia d posisikan sbagai kekuatan yg mampu menghancurkan kezaliman. Smoga bunga2 cinta pada rakyat jelata tumbuh bermekaran di lubuk hati para pemimpin&wakil rakyat kita...Semoga...amiin

    BalasHapus
  17. :) itulah persembahan cinta....dimulai dengan kata yang sederhana namun membutuhkan kekuatan lebih dari sekedar kata untuk membuktikannya...dan perhatikanlah kedahsyatan yang muncul karena nya.

    BalasHapus
  18. Assalamkm. Ijin share akhi...

    BalasHapus
  19. @Ichsan Jufri: Tafadhol
    @pkspetir: Wa'alaikum salam warahmatullah. Tafadhol

    BalasHapus
  20. Keren. Kalau ada serial cinta yang lengkap malah lebih bagus

    BalasHapus
  21. ijjin share ustd. jzkmllah.

    BalasHapus
  22. alia ummu muhammad20 Maret 2012 10.08

    cinta... oh cinta. ijin share ya ustd. jzkmllah.

    BalasHapus
  23. @Anonim & alia ummu muhammad : tafadhol...

    BalasHapus
  24. cinta itu melemahkan.
    kecuali cinta pada Allah..

    jikapun ada yang mengatakan cinta itu kekuatan yang dahsyat untuk berbuat sesuatu, maka yang menjadi kekuatan itu sebanarnya bukan cinta itu sendiri. melainkan hawa nafsu.. bisa nafsu positif atau negatif.

    BalasHapus
  25. Tim Jurnalistik Pelajar14 April 2012 11.23

    Menarik. Pas untuk disebarkan pada siswa di sekolah kami. Minta ijin kami sebarluaskan.

    BalasHapus
  26. ketika gemuruh rasa itu berpendar, ia memang mampu menyalakan semangat walau tak ada sumbu atau minyak

    BalasHapus

Item Reviewed: New Serial Cinta Anis Matta Rating: 5 Reviewed By: Bersama Dakwah