Assalaamu'alaikum ,  Ahlan wa Sahlan  |  Write for Us  |  Kontributor  |  Pasang Iklan

5 Aplikasi Quran Terbaik, Gratis untuk Android Anda

Diposkan oleh Admin BeDa pada Senin, 10 September 2012 | 13.00 WIB


HP, tablet, atau gadget Android kita bisa menjadi sarana untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Salah satunya, dengan menginstal aplikasi Quran dan membiasakan membacanya. Alhasil, di manapun Anda berada, Al-Qur'an bisa selalu menemani Anda, Anda bisa tilawah dan mentadaburi Al-Qur'an di mana saja berada.

Berikut ini 5 Aplikasi Quran Terbaik, Gratis untuk Android Anda yang bisa Anda pilih:


1. Quran Android



Kapasitas : 2,13 MB
Telah didownload 1.000.000+
Rate & Review 26.000+ dengan rata-rata 4.8 stars
Developer : Quran Android

Aplikasi Al-Qur'an ini pantas disebut sebagai aplikasi Qur'an terbaik untuk hp dan tablet Android Anda. Quran Android memiliki tampilan halaman yang serupa dengan Mushaf Utsmani, 1 halaman terdiri dari 15 baris, 1 juz terdiri dari 20 halaman, kecuali juz 1 dan juz 30.

Quran Android memiliki fitur bookmark yang memudahkan Anda menandai tilawah Anda sampai di mana. Sejumlah bookmark bisa Anda berikan untuk menandai, misalnya tilawah Anda, tilawah di sebuah pengajian, hafalan Anda, dan sebagainya. Namun, yang ditandai dalam bookmark adalah halamannya, bukan ayatnya.

Fitur Quran Android juga memungkinkan Anda mendengarkan tilawah (audio) dari qari' terkemuka. Pada saat tilawah dibacakan, ayat yang dibaca diblok dengan warna hijau, memudahkan Anda menyimaknya.

2. iQuran


Kapasitas : 12,85 MB
Telah didownload 1.000.000+
Rate & Review 40.000+ dengan rata-rata 4.8 stars
Developer : Guided Ways Technologie Ltd

Jika Anda lebih membutuhkan Qur'an dan terjemahnya tanpa mementingkan tampilan halaman Qur'an layaknya Mushaf Utsmani, iQuran bisa menjadi pilihan pertama Anda. Berbeda dengan Quran Android yang fitur bookmarknya hanya mampu menandai halaman, iQuran menyediakan fitur bookmark per ayat. Jadi Anda bisa menandai tilawah Anda sampai surat apa ayat berapa, tadabur Anda sampai surat apa ayat berapa.

Dilihat dari aspek rate & review, jumlah pengguna Android yang memberikan rate & review untuk aplikasi iQuran jauh lebih banyak daripada Quran Android. Lebih dari 40.000 pengguna Android telah memberikan rate dan review aplikasi iQuran ini dengan rata-rata nilai 4.8 stars, jauh di atas Quran Android yang mendapatkan nilai yang sama dari 26.000+ pengguna Android.

3. Quran


Kapasitas : 3,61 MB
Telah didownload 100.000+
Rate & Review 13.000+ dengan rata-rata 4.7 stars
Developer : AmirQuran

Aplikasi Quran ini belum begitu banyak didownload oleh pengguna Android. Angkanya masih berkisar di atas 100.000, jauh lebih sedikit dari Quran Android dan iQuran yang sudah mencapai angka jutaan download. Tampilannya juga tidak mirip mushaf Utsmani. Aplikasi Quran yang dikembangkan oleh AmirQuran ini lebih dekat dengan tampilan iQuran, dengan disertai tulisan latin untuk bunyi ayatnya. Jadi dalam setiap ayat selain ada ayat asli dalam bahasa Arab, juga ada tulisan latinnya plus terjemah.

4. Islam: The Quran


Kapasitas : 7,95 MB
Telah didownload 100.000+
Rate & Review 2.000+ dengan rata-rata 4.8 stars
Developer : Dimach.Cassiope

Aplikasi Quran untuk Android dengan nama Islam: The Quran ini memiliki tampilan latar belakang polos dengan ayat dalam khat Arab kemudian di bawahnya ada terjemahan. Mirip dengan iQuran dan Quran, The Quran ini menggunakan sistem roll untuk melihat seluruh ayat dari atas ke bawah. Berbeda dengan Quran Android yang tampilannya sama seperti mushaf Utsmani, untuk berpindah antar halaman cukup dengan menggeser jari pada layar hp atau tablet Anda.

5. Al-Quran


Kapasitas : 51,81 KB
Telah didownload 100.000+
Rate & Review 700+ dengan rata-rata 4.7 stars
Developer : NPCOMPL3T3

Tampilan aplikasi Quran yang dikembangkan NPCOMPL3T3 ini menyerupai Quran Android layaknya mushaf Utsmani. Mungkin para pengguna Android ragu dengan kapasitasnya yang hanya 51,81 KB sehingga aplikasi Quran ini belum banyak didownload. Pun, jumlah pengguna Android yang memberikan rate & review tergolong sangat sedikit, masih di kisaran angka 700. Seperti Quran Android, untuk dapat membuka seluruh surat, setelah menginstal aplikasi Quran ini Anda diharuskan untuk mendownload content-nya.

Demikian 5 Aplikasi Quran Terbaik, Gratis untuk Android Anda untuk HP dan tablet Anda. Semoga menjadikan Anda semakin dekat dengan Al-Qur'an dan mudah membiasakan tilawah. [Dicopy dengan izin dari AndroidApps4me]

12 komentar:

etos indo mengatakan...

jazakumullah atas sharingnya

Arfan mengatakan...

Tambahan, Mushaf Tajweed, teks lebih jelas, dengan warna tertentu utk setiap bacaan tertentu.

MUHBAHIR mengatakan...

Adakah Mushaf Tajweed untuk android?

aliv mengatakan...

yg ada terjemahan bahasa indonesianya yg mana???

ZULKIFLI mengatakan...

Trims atas infonya....

Obat Kembali Gadis mengatakan...

Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

pesan jaket online mengatakan...

hadist muslim ada tidak??

pesan jaket murah mengatakan...

aplikasi tafsir al quran ada tidak ya??

infokito mengatakan...

cari saja di marketnya android

denisma mengatakan...

vote for Quran Android,,,
ralat gan, Quran Android juga bisa bookmark per ayah, aplikasi dan fitur freeware. kapasitasnya memang besar, 2,13 MB hanya basic installer saja, content nya harus dl lg. bisa donlod translasi dan tafsir pula(Ibnu Katsir & muyassar) free.
setau saya iQuran fitur2 nya masih shareware

Syaikhu mengatakan...

Assalamualaikum,,,
Al qur'nya ko' g bsa di downld,, tolng bimbinganya,,,

Quranic Generation mengatakan...

@syaikhu, untuk donwload Aplikasi Android harus langsung melalui HP android dengan cara mengakses palystore google, lalu cari aplikasi dan lakukan penginstallan.

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...