Assalaamu'alaikum ,  Ahlan wa Sahlan  |  Write for Us  |  Kontributor  |  Pasang Iklan

Tanda-tanda Kiamat

Diposkan oleh Admin BeDa pada Kamis, 20 Desember 2012 | 10.30 WIB


Mempercayai adanya hari kiamat merupakan salah satu rukun iman yang harus diyakini oleh umat Islam. Kapan kiamat terjadi, tidak ada seorang pun yang tahu. Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga tidak mengetahuinya. Namun, Allah telah memberitahukan kepada beliau mengenai tanda-tanda kiamat. Jika tanda-tanda ini belum muncul, kiamat belum akan terjadi.

Diantara tanda-tanda kiamat itu disebutkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits shahih riwayat Ibnu Majah berikut ini:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكُونَ عَشْرُ آيَاتٍ طُلُوعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَالدَّجَّالُ وَالدُّخَانُ وَالدَّابَّةُ وَيَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَخُرُوجُ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَثَلاَثُ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قَعْرِ عَدَنِ أَبْيَنَ
“Tidaklah hari kiamat akan terjadi sampai terjadinya sepuluh tanda-tanda kiamat: terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya, munculnya Dajjal, awan, dabbah, Ya’juj dan Ma’juj, keluarnya Isa bin Maryam, terjadinya tiga gerhana: gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di negeri Arab, serta api yang keluar dari dalam Qar ‘And Abyan.” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah. Imam Muslim juga meriwayatkan hadits yang senada dengan hadits tanda-tanda kiamat ini)

Tentang turunnya Nabi Isa sebagai bagian dari tanda-tanda kiamat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَنْزِلَ فِيكُمُ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا ، فَيَكْسِرَ الصَّلِيبَ ، وَيَقْتُلَ الْخِنْزِيرَ ، وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ ، وَيَفِيضَ الْمَالُ حَتَّى لاَ يَقْبَلَهُ أَحَدٌ
“Tidak akan terjadi hari kiamat sampai turunnya Isa bin Maryam kepada kalian, menjadi hakim yang bijak. Maka ia akan menghancurkan salib, membunuh babi, meletakkan pajak dan harta melimpah ruah sehingga tidak seorangpun yang menerimanya.” (HR. Al Bukhari)

Dalam riwayat Imam Muslim dan Ibnu Majah lainnya dijelaskan tanda-tanda kiamat oleh Rasulullah dengan lebih terinci, beserta urutannya (lihat Shahih Sunan Ibnu Majah hadits ke 3310). Dalam hadits tanda-tanda kiamat itu disebutkan bahwa setelah munculnya Dajjal, turunnya Isa bin Maryam, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, kemudian harta melimpah ruah seperti hadits sebelumnya. Ketika mereka tengah berada dalam kondisi demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala lantas mengirim angin yang baik dan harum, lalu dicabutlah seluruh roh muslim. Sisanya hanyalah orang jahat yang berkelakuan seperti keledai. Dan kepada merekalah kiamat pun datang.

Demikian sekelumit tanda-tanda kiamat diantara begitu banyak hadits yang menjelaskannya. Dari sedikit tanda kiamat tersebut, tampak nyata bahwa tanda-tanda kiamat di atas belum muncul hingga saat ini. Matahari masih terbit dari timur, Dajjal belum muncul, Nabi Isa belum turun, dan masih banyak umat Islam. []

3 komentar:

Cara order Ace Maxs mengatakan...

MasyaAllah,,Jadi takut....

Toko Baju Online mengatakan...

apakah mekah Kabah akan diserang musuh ?

mukena bali mengatakan...

subhanallah

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...