Assalaamu'alaikum ,  Ahlan wa Sahlan  |  Write for Us  |  Kontributor  |  Pasang Iklan

Kisah Nyata Keajaiban Sedekah, Diganti 1000 Kali Lipat

Diposkan oleh Admin BeDa pada Sabtu, 16 Februari 2013 | 13.00 WIB


Kisah nyata ini terjadi di Jawa Tengah. Hari itu, seorang lelaki tengah mengengkol vespanya. Tapi tak kunjung bunyi. “Jangan-jangan bensinnya habis,” pikirnya. Ia pun kemudian memiringkan vespanya. Alhamdulillah... vespa itu bisa distarter.

“Bensin hampir habis. Langsung ke pengajian atau beli bensin dulu ya? Kalau beli bensin kudu muter ke belakang, padahal pengajiannya di depan sana,” demikian kira-kira kata hati lelaki itu. Ke mana arah vespanya? Ia arahkan ke pengajian. “Habis ngaji baru beli bensin.”

Ma naqashat maalu ‘abdin min shadaqah, bal yazdad, bal yazdad, bal yazdad. Tidak akan berkurang harta karena sedekah, bahkan ia akan bertambah, bahkan ia bertambah, bahkan ia bertambah,” kata Sang Kyai di pengajian itu, yang ternyata membahas sedekah.

Setelah menerangkan tentang keutamaan sedekah, Sang Kyai mengajak hadirin untuk bersedekah. Lelaki yang membawa vespa itu ingin bersedekah juga, tetapi uangnya tinggal seribu rupiah. Uan g segitu, di zaman itu, hanya cukup untuk membeli bensin setengah liter.

Syetan mulai membisikkan ketakutan kepada lelaki itu, “Itu uang buat beli bensin. Kalo kamu pakai sedekah, kamu tidak bisa beli bensin. Motormu mogok, kamu mendorong. Malu. Capek.”

Sempat ragu sesaat, namun lelaki itu kemudian menyempurnakan niatnya. “Uang ini sudah terlanjur tercabut, masa dimasukkan lagi? Kalaupun harus mendorong motor, tidak masalah!”

Pengajian selesai. Lelaki itu pun pulang. Di tengah jalan, sekitar 200 meter dari tempat pengajian vespanya berhenti. Bensin benar-benar habis.

“Nah, benar kan. Kalo kamu tadi tidak sedekah, kamu bisa beli bensin dan tidak perlu mendorong motor,” syetan kembali menggoda, kali ini supaya pelaku sedekah menyesali perbuatannya.

Tapi subhanallah, orang ini hebat. “Mungkin emang sudah waktunya ndorong.” Meski demikian, matanya berkaca-kaca, “Enggak enak jadi orang susah, baru sedekah seribu saja sudah dorong motor.”

Baru sepuluh langkah ia mendorong motor, tiba-tiba sebuah mobil kijang berhenti setelah mendahuluinya. Kijang itu kemudian mundur.

“Kenapa, Mas, motornya didorong?” tanya pengemudi Kijang, yang ternyata teman lamanya.
“Bensinnya habis,” jawab lelaki itu.
“Yo wis, minggir saja. Vespanya diparkir. Ayo ikut aku, kita beli bensin.”

Sesampainya di pom bensin, temannya membeli air minum botol. Setelah airnya diminum, botolnya diisi bensin. Satu liter. Subhanallah, sedekah lelaki itu kini dikembalikan Allah dua kali lipat.

“Kamu beruntung ya” kata sang teman kepada lelaki itu, begitu keduanya kembali naik Kijang.
“Untung apaan?”
“Kita menikah di tahun yang sama, tapi sampeyan sudah punya 3 anak, saya belum”
“Saya pikir situ yang untung. Situ punya Kijang, saya Cuma punya vespa”
“Hmm.. mau, anak ditukar Kijang?”
Mereka kan ngobrol banyak, tentang kesusahan masing-masing. Rupanya, sang teman lama itu simpati dengan kondisi si pemilik vespa.

Begitu sampai... “Mas, saya enggak turun ya,” kata pemiliki Kijang. Lalu ia menerogoh kantongnya mengeluarkan sebuah amplop.

“Mas, titip ya, bilang ke istrimu, doakan kami supaya punya anak seperti sampeyan. Jangan dilihat di sini isinya, saya juga belum tahu isinya berapa,” bonus dari perusahaan itu memang belum dibukanya.

Sesampainya di rumah. Betapa terkejutnya lelaki pemilik Vespa itu. Amplop pemberian temannya itu isinya satu juta rupiah. Seribu kali lipat dari sedekah yang baru saja dikeluarkannya.

Sungguh benar firman Allah, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 261).

[Kisah Nyata Keajaiban Sedekah ini disarikan dari Buku “Kun Fayakun 2” karya Ust. Yusuf Mansur]

59 komentar:

Anonim mengatakan...

Keajaiban sedekah yang luar biasa. harus yakin.

Anonim mengatakan...

bagus

miswan mengatakan...

Subhanallah..sungguh benar janji2 ALLAH SWT, kita harus yakin dan berserah diri hanya pada ALLAH SWT.

pks-gresik mengatakan...

Subhaanallah... keajaiban sedekah sungguh ajaib

Pengagum Yusuf Mansur mengatakan...

Allah... sungguh Engkau Maha Benar. Keajaiban sedekah adalah bukti Kau Maha Penyayang...
jadikan kami ahli sedekah Rabb...

Hidayatullah Hamim mengatakan...

Bagus cerita yg menginspirasi. tapi ada sedikit ralat, pada kalimat "Baru sepuluh langkah ia mendorong mobil, tiba-tiba sebuah mobil kijang berhenti setelah mendahuluinya. Kijang itu kemudian mundur." lafazh mobil pada baris pertama seharusnya 'motor' bukan mobil. Tks

Admin BeDa mengatakan...

@Hidayatullah Hamim: Jazakallah khairan atas koreksinya. Sekaligus sebagai ralat.

gangeRtie mengatakan...

subhanallah

keyakinan membuktikan...

Romi Saputra mengatakan...

Subhanallah, sedekah memang luar biasa, saya juga pernah punya pengalaman menarik soal sedekah, suatu hari saat sedang diluar kota yg jaraknya 10 jam perjalanan dari kota saya, istri tiba2 telp kalo dia udah mau melahirkan hari itu, saya bergegas pulang,tapi hari udah sore nggak da lagi mobil penumpang yang akan menuju kota saya. lalu saya bersedakah 50 rb kepada seorang kakek yg saya temui, lalu sholat hajat 2 rakaat. dengan penuh keyakinan nunggu di halte. tiba2 lewat mobil kijang didepan halte tempat sy berdiri, dan tiba2 kijang tersebut berhenti setelah lewat sekitar 30 meter dari halte, tanpa diduga mobil tsb mundur ke halte. lalu org tsb buka jendela mobilnya dan nanya ke saya "mau kemana bang", sy jawab mau ke blangpidie, lalu tanpa disangka dia jawab "kebetulan, saya sendiri, perlu teman diperjalanan, ayo naik" katanya, Subhanallah saya berujar, begitu cepat balasan bagi org bersedekah. akhirnya dapat tumpangan Gratis dan nyaman lagi :)

Patungan Usaha Yuk mengatakan...

Cukup 3 kata: sedekah memang ajaib

Budi mengatakan...

Subhanallah, ijin share ya mas,,,,,,,,

Muhtar Riadi mengatakan...

MasyaAllah....
Sungguh Allah SWT TIDAK Akan pernah ingkar JANJI...

rudi putra mengatakan...

Orang muslim di wajibkan bersedekah end tidak padang banyak atau sedikit nya yang kita berikan.
Allah itu adil end tidak perna ingkari janji pada umat nya yang berbuat baik sesama manusia.

HERBAL INDONESIA ONLINE SHOP mengatakan...

MasyaALLAH..

Hanya orang-orang yakin dg janji ALLAH,
bahwa sedekah itu tdk akan mengurangi harta,
justru akan diganti ALLAH dg balasan yg berlipat ganda..
Subhanallah

Anonim mengatakan...

kalau baca ini mah luar biasa, tapi yang aneh itu ustazd2 di kampungku, selalu aja bilang sedekah tp malah dirinya tdk pernah sedekah. wong warga minta gudang gede miliknya supaya diberi penerangan wong gelap, ehh dia jawab, wah saya tidak saya tidak tinggal di rt sini kok, waduhh ngelus dada.

ifulQu mengatakan...

Subhanalloh...

mutia mengatakan...

Subhanallah. Yang pasti sedekah harus didasarkan niat yang ikhlas, tanpa berharap imbalan apapun.

heri sutanto mengatakan...

Alhamdulillah, Janji Allah pasti adanya so jangan ada keraguan, keep sedekah, amin yrba

Anshar Syahrir mengatakan...

Subhanallah, Sya jadi terharu ngebaca kisahx, semangat yang luar biasa, Ya Allah y rabb,jadikan lah kami hamba-Mu yg senantiasa bersyukur dan bersedekah....

anies sau solikhah mengatakan...

subkhanallah kisah tadi bisa membuat kita menjadi terinspirasi .Allah memang maha melihat dan maha kaya.semoga kita bisa bersedekah dengan ikhlas .Amiin

agus Syahruddin mengatakan...

Kalau kita sedekah (shodaqoh) jgn sekali-kali mengharapkan balasan di dunia ini, ayat qur'an yg berkaitan dgn shodaqoh tersebut pd surat Al Baqoroh 261 itu balasannya adalah nanti di hari akhir. Lagi pula kita diperintah shodaqoh itu apabila ada kelebihan Rezki, kalau kita lagi seret seperti tadi perlu buat beli bensin yg sangat mendesak, tidak shodaqoh pun tidak berdosa. jadi kalau membahas atau menafsirkan al qur'an ataupun hadits jangan seenaknya isi perut. wallahu a'lamu.

agen pulsa murah mengatakan...

Baik yg mau sukses usahanya, perbanyak sedekah... Insyaallah

Pemuda Dispora mengatakan...

Luar biasa

Anonim mengatakan...

سُبْحَانَ الله

sandy yudha mengatakan...

PARA AHLI SEDEKAH, MASIH BANYAK YANG KESULITAN DISEKITAR KITA , CONTOHNYA : http://sedekahyatim.blogspot.com/2013/06/saya-cahayani-felina-putri-umur-12.html

Anonim mengatakan...

Jadi.. bersedekah dengan pikiran pasti akan diberikan balasan? Apa bedanya ama bisnis dan investasi?

Anonim mengatakan...

http://sedekah-umat.blogspot.com/2013/06/shadaqah-bukti-keimanan-kita.html

wardiwardana mengatakan...

Sangat setuju bahwa sedekah bukti bahwa peduli terhadap sesama

Tutoer civile' mengatakan...

subhanallah............... ....

ALI NURSAID mengatakan...

Ayo mari perbanyak sedekah !!!!!!

Diro Gending mengatakan...

Suhanalloh semua atas kuasanya,

NY.QIN mengatakan...

Subhanallah, Allahuakbar, sodaqoh emang luarrrrrrbiasa.

NY.QIN mengatakan...

`SUBHANALLAH...ALLAHUAKBAR, SODAQOH EMANG LUARRRRRRRRRRRRRRRR BIASA...

Baju muslim mengatakan...

Subhanalaah...
Walhamdulillaah...
Wa Laa ilaaha illallaah...
Allaahu akbar...

Sungguh Allah selalu menepati janjinya

smile aero mengatakan...

Sedekeah itu ibarat menyebar benih.Semakin banyak benih yang kita sebar, semakin banyak pula tunas yang akan tumbuh. Seiring berjalanya waktu, tunas menjadi pohon dan pohon berbuah lebat, menghasilkan ratusan bahkan ribuan biji baru.

Itulah filosofi Sedekah yang Maha Luar Biasa.

baday mengatakan...

jika allah masuk kehati air mata ku curah..jasad ku lemah...........allahuakbar

Anonim mengatakan...

inipun sungguh terjadi pada diri hamba yang biasanya kalau sholat ju,mat jarang bermal sedekah atau paling juga cuma seribu tetpi kemarin jumat ada niat dalam hati mau masukkan uang kekotak amal padahal niatnya seribu tetapi ditangan terarik 5000 rupiah ... karena sudah niat sedekah tanpa pikir panjang lagi langsung masukkan kekotak amal... subhannallah sudah 2 bulan saya jadi marketing percetakan belum pernah daat order mau dpt juga gagal terus ... alhamdulillah pulang dari shalat jumat dpt order 5600000... sungguh keajaiban sedekah yang saya alami sendiri dan bukan sekedar cerita....Syukron Alahmadulillah terima kasih Yaa Allah.

Master Dyan mengatakan...

Dahsyatnya sedekah sudah tidak di ragukan lagi... selain memperkaya kita juga mendatangkan kebaikan dan menambah amal ibadah dan sungguh orang" yang tidak percaya dan ragu akan sedekah sama dengan orang yg tidak percaya dengan janji Alloh !!!
saya doakan pembaca yang budiman menjadi ahli sedekah dan dermawan di muka bumi ini...
amin....
http://www.hipnotis-mentalist.com

Imam Faiq mengatakan...

Bersedekahlah karna semata-mata mengharap ridho ALLAH SWT..bukan karna yg lain,sebab bila bersedekah karna ingin mendptkan balasan/keuntungan di dunia,maka bisa jadi dapat,bisa juga tidak dan org yg bersedekah karna mengharap keuntungan di dunia semata-mata,maka keuntungan di akhirat yg kekal selamanya akan lepas..tapi kalau bersedekah karna mengharap ridho ALLAH SWT maka Insya Allah keuntungan dunia akhirat keduanya pasti di dapatkan.
jadi intinya bersedekahlah karna ALLAH semata,bukan karna ingin cepat kaya.

Handriyanti mengatakan...

subhanallah,,luar biasa keajaiban sedekah. dan sungguh maha Kuasa Allah jika Ia berkehendak

mbah marijan mengatakan...

sedekah ada maunya,klo tidak kaya tidak mau sdkh;

yudhistirakudus@yahoo.com mengatakan...

Subhnaallah memang Maha Besar Allah , pengalaman itu juga sering saya alami disaat kita ngasih orang atau sedekah ,dan disaat saat kita butuh ada saja rejeki yang kita dapat , atau langsung dibalas Allah walaupun kita tidak mengharap waktu memberi Orang. Trimaksih Ustad Yusuf Mansyur jenengan Inspirasi buat kami semua untuk selalu berbagi dengan Orang lain.

Sodali Putra mengatakan...

amin .........kuasa allah/.............

POKTAN SENTOSA mengatakan...

Subhanallah...,

Anonim mengatakan...

sodakoh adalah sarana .. yang terpenting adalah keikhlasan kita dalam memberi

Anonim mengatakan...

subhanallah. mdh2an sedekah kita bisa berbuah amal soleh dan pahala yang besar, tidak hanya di balas di dunia. karena yang terpenting di balas oleh Allah di Akhirat kelak. amin

Anonim mengatakan...

subhanallah,ijin share ya om

rumah madu mengatakan...

Menarik sekali.. sedekah hrs ikhlas dan menharap ridho Allah.. itu saja

hesma eryani mengatakan...

Subhanallah....saya percaya keajaiban sedekah.Pengalaman saya ini mungkin menggambarkan hal tersebut. Di tahun 87-an (kalau tidak salah), Setiap akan mengajar ke sekolah tempat saya mengajar, saya melewati seorang pengemis. Karena setiap hari memberi uang,memberi sedekah menjadi kebiasaan saya padanya.
Suatu hari saya membawa uang pas-pasan (maklum, masih mahasiswa dan ngajar sekolah swasta dengan gaji kecil). Ketika melewati pengemis itu, saya bimbang, ini uang mau dikasihkan gak ya sama bapak itu, Kalau gak salah uang saya tinggal Rp750 (mohon maaf kalau keliru). Ke sekolah saya harus bayar angkot Rp250. Sisa Rp500 cukup untuk ongkos pulang ke rumah, tanpa makan siang.
Namun melihat wajah bapak itu saya bimbang. ada perasaan sedih, takut mengecewakannya kalau tidak memberinya uang. Akhirnya uang saya berikan (saya lupa berapa jumlahnya). Yang penting ada ongkos untuk ke sekolah. Soal dari sekolah pualng ke rumah (yang dua kali naik angkot) urusan belakanglah. Bila perlu saya ngutang sama teman guru atau sekolah.
Perasaan saya sangat lega setelah memberikan uang itu, dan haru membiru waktu melihat wajahnya khusuk mendoakanku.
Saya kemudian menuju angkot ke sekolah saya. Sebelum menuju angkot, rute saya harus melewati kantor Poltabes Palembang. Biasanya saya lewat-lewat begitu saja. Entah kenapa hari itu saya ingin mampir dna menemui kapoltabesnya karena memang kenal baik. Saya pikir, dah lama juga gak mampir, hitung-hitung silaturahmi, lagi pula saya masih punya waktu.
Saya ke kantor kapoltabes Palembang. Saya melapor ke ajudannya.
Setelah dilaporkaan, saya pun masuk ruangan, dan mendapat sambutan hangat.
Tak lama silaturahmi, saya izin pulang. Sebelum pulang, tiba -tiba dia menyodorkan amplop. Saya bingung. "Ambil saja buat jajan kamu seminggu ya," katanya. Saya sebenarnya mau menolak karena tidak terbiasa menerima uang seperti itu. Namun, ia meyakinkan saya karena saya sudah dianggap seperti adiknya sendiri.
Akhirnya uang saya ambil. Ketika di jalan, amplop saya buka, ternyata isinya Rp100.ribu. Subhanallah......air mata saya jatuh. Alangkah maha kayanya Allah, Belum satu jam saya mengeluarkan uang untuk hambaNya yang papa, sudah digantiNya beratus kali lipat.
saya sangat percaya pada keajaiban sedekah. Namun, menurut saya, ajaib atau tidak sedekah, sebaiknya kita tetap sedekah sebagai ibadah kita pada Allah, tanpa perlu berpikir berapa yang akan kita terima. Serahkan saja semua pada Allah...biarkan Allah yang menakarnya untuk kita. Semoga kita mendapat cinta Allah....Cinta Allah pada hambaNya adalah sedekahyang tak ternilai untuk sang hamba.
salam

hesma eryani mengatakan...

Subhanallah....Saya sangat percaya pada keajaiban sedekah. Pengalaman saya setidaknya membuktikan hal tersebut. Pada seitar tahun 87 -an (kalau saya gak salah), setiap hari sebelum menuju ke sekolah tempat saya mengajar, saya melewati seorang pengemis tua. Setiap saya lewat saya memberinya sedekah uang. Tidak banyak, sesuai kemampuan saya saja.
Suatu hari ketika melewatinya, saya bimbang mau memberinya uang yg ada pada saya pas -pasan (maklumlah, saya mahasiswa, mengajar di sekolah swasta dgn gaji kecil, dan harus membiaya diri sendiri). Uang saya, kalau tidak salah (maaf jika angkanya keliru), sekitar Rp750 ribu. Angkot ke sekolah Rp250. Sisa Rp500 untuk pulang karena dua kali naik angkot, dan saya tidak makan siang.
Namun melihat wajah pengemis itu saya sedih. Akhirnya, sebagian uang saya berikan. Saya tak memikirkan lagi bagaimana ongkos pulang. Urusan belakangklah, bila perlu ngutang.
Ada lega saat memberikan uang tersebut. Makin haru biru saat melihat ia berdoa untukku. Saya meneruskan langkah. Rute menuju sekolah saya itu, harus melewati kantor Poltabes Palembang. Biasanya saya lewat-lewat aja. Entah kenapa hari itu saya ingin mampir karena memang kenal baik kapoltabesnya, sudah seperti keluarga sendiri.
Saya ke kantor Kapoltabes dan melapor ke ajudannya. Saya dilaporkan, saya dipersilakan masuk, dan mendapat sambutan hangat familiar. Tak lama kemudian saya pamit. Saaat akan pulang, kapoltabes memberikan saya amplop. Saya bingung karena tidak terbiasa menerima amplop begitu.
Namun beliau memaksa. "Kan kamu adik saya sendiri. Ambil uang ini untuk jajanmu seminggu ya," katanya. Melihat ketulusannya, amplop saya ambil dan pamit. Di jalan, penasaran amplop saya buka. Subhanallah.....isinya (maaf kalau salah, karena dah lama sekali) Rp100 ribu. Subhanallah...jumlah yang sangat besar. Karena SPP saya di kampus saja cuma Rp27 ribu.
Air mata saya jatuh, Alangkah maha kayanya Allah. Tak sampai satu jam, uang saya diganti berlipat ganda, sementara pahala sudah saya dapatkan.
saya percaya pada keajaiban sedekah. Teruslah bersedekah kawan. Tapi, menurut saya, sebaiknya kita terus saja bersedekah sebagai ibadah kita pada Allah semata tanpa berpikir akan diganti atau tidak. Tetaplah bersedekah, dan serahkan semua pada Allah. Biarkan Allah yang menakarnya untuk kita. Insya Allah kita mendapat cinta Allah. Cinta Allah pada hambaNya adalah sedekah terindah dan terbaik.Insya Allah. Amin....
salam

Alif Suci mengatakan...

bagus,,, dan akan lebih bagus lagi kl sedekah itu niatnya hanya karena di perintah Allaah saja.

Anonim mengatakan...

Subhanallah,,,,,,,,,,

michail ronaldo mengatakan...

orang tua saya seorang pengusaha peternak pada suatu hari orang tua saya di landa rugi yg cukup besar akan tetapi orang tua saya tetap bersedekah walaupun rugi (memang setiap panen orang tua saya selalu ke pondok pesantren untuk bersedekah) setelah panen selanjutnya ternyata orang tua saya untung besar.memang janji allah selalu benar

Reed one mengatakan...

subahanallah,,,sedekah adalah hal yg paling baik untuk kita umat muslim....

Priana saputra mengatakan...

MasyaAlloh,

Memang kadang tangan ini berat saat dihadirkan kepada kebaikan terutama dalam hal bersedekah. Semoga kita senantiasa dapat meluruskan niat dan gigih dalam hal kebaikan.

Dipo Karya mengatakan...

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya

iwan hermawan mengatakan...

janganlah engkau tunda untuk bersedekah,karena sedekah juga dapat membersihkan diri kita dari dosa....

iwan hermawan mengatakan...

sedekah dg tulus &ikhlas....... jangan dilihat nilainya,coba anda lihat manfaatnya

yuk bisnis mengatakan...

Subhanallah .. smoga sedekahku diterima Allah Swt .....Subhanahu wata 'ala

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...