Software Quran terlengkap
Latest News
Rabu, 18 September 2013

Ahok Bongkar Masjid Baitul Arif, Ini Tuntutan MUI

Sekjen MUI Tengku Zulkarnain (foto Rol)
Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Tengku Zulkarnain menilai Pemda DKI sudah bertindak layaknya 'Koboy', karena telah sewenang-wenang membongkar Masjid Baitul Arif yang terletak di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Masjid adalah rumah Allah, rumah ibadah umat Islam. Ada aturan syariat yang berlaku di dalamnya. Tidak boleh bertindak seenaknya saja," kata Tengku Republika Online, Rabu (18/9).

Tengku mengatakan, Pemda DKI tidak pernah berkoordinasi dengan masyarakat sekitar dan tokoh pemuka agama di situ sebelum akhirnya memutuskan akan membongkar masjid.

Menurut dia, Pemda DKI dalam hal ini Wakil Gubernur, Basuki Tjahja Purnama sebagai pihak yang keras memerintahkan pembongkaran harus paham, shalat umat Islam tidak boleh terhenti.

Oleh sebab itu, ia menjelaskan, tidak bisa menyuruh umat Islam mengungsi dalam hal beribadah ke masjid lain, karena alasan masjid akan dibongkar. "Ini tindakan keliru, melanggar syariat dan bisa dianggap melecehkan agama," tegasnya.

Seharusnya, Jokowi-Ahok bertanya dulu ke MUI dan minta nasihat tentang penghancuran masjid. Jangan bertindak arogan dan sok tahu urusan agama.

Untuk itu, MUI meminta Pemda DKI membuat masjid sementara di dekat lokasi masjid lama. Langkah ini, agar umat Islam yang berada di dekat masjid yang dibongkar tetap dapat beribadah shalat lima waktu dan terutama shalat Jumat. Pihaknya tidak mau umat Islam di sekitar masjid harus menerima begitu saja mengungsi ke masjid yang lebih jauh.

"Dibuatkan dulu masjid sementara penggantinya, jangan sampai umat Islam menunggu sampai satu atau dua tahun lamanya," tuntutnya.

Tengku khawatir bila ini tidak disikapi segera oleh Pemda DKI, maka akan muncul konflik antara warga dan Pemerintah DKI Jakarta, karena sikap yang sewenang-wenang ini.

Tengku mengingatkan, Pemda DKI harus berkaca pada kejadian di Medan, di mana Panglima Kodam I Bukit Barisan pernah menghancurkan Masjid Al Ikhlas di Jalan Timor Medan. Akibatnya, masyarakat di wilayah itu pun bergolak dan melawan.

Bersyukur Kepala Satuan Angkatan Darat saat itu, Jendral Edi Pramono cermat mendengar permasalahan ini, sehingga perlawanan warga dapat diredam. Yakni dengan mendirikan Masjid Al Ikhlas di tempat semula, dan gesekan dengan masyarakat dapat dihilangkan. [AM/Rol/bsb]

Iklan Anda
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

53 komentar:

  1. Wajar Aja Ahok khan ga pernah solat jum'at..jadi wajar aja..

    BalasHapus
  2. ya begitulah ... klo dapet angin ... semaunya

    BalasHapus
  3. kini saat nya umat islam udah harus siaga 1'kedepan nya mungkin akan ada lg kho ahok mengobok obok islam.

    BalasHapus
  4. makin lama makin gak jelas orang ini..dikasih hati minta rempelo...

    BalasHapus
  5. makanya pemimpin "muslim" kalo udah jadi pejabat jangan KorupsI mulu yg digedein, ga amanah, akhirnya rakyat yg notabene mayoritas muslim jadi milih AHOK jadi pemimpin mereka tuh ..!!
    berkacalah wahai kalian yang mengaku pemimpin Islam yg lagi siap2 bakal obral janji

    BalasHapus
  6. wah..kalo nulis berita diteliti dulu donk om.....
    itu maksudnya bukan pembongkaran...wong juga nanti di ganti menjadi lebih baik kok...
    maksud ahok mesjid dibongkar itu dijadiin rusun,seteah rusun selesai dibangun lagi mesjid atau tmpt ibadah....ni kok malah di pelintir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya masjid penggantinya dibangun dulu, seperti di kota surabaya jl. HR Muhammad masjid pengganti dibangun lebih besar/lebih bagus oleh walikota.

      Hapus
  7. Ini penjelasan dari Ahok:
    http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2030210/masjid-baitul-arif-dibongkar-ini-penjelasan-ahok

    BalasHapus
  8. Waduh dipelintir.sudut pandangnya gak objektif ini, subjektif sekali.tolong lah media media yang beredar, secara objektif dong kalo nulis berita.jangan dipenggal setengah2 begini.

    BalasHapus
  9. Website BersamaDakwah.com menyampaikan berita tentang fakta bahwa masjid dihancurkan. Itu sudah benar. Sama sekali tidak mengatakan 'Ahok melarang warga sholat'.

    Website Metropolitan.Inilah.com menyampaikan pembenaran Ahok bahwa masjid dihancurkan.

    Jadi, tidak ada yg namanya website BersamaDakwah.com memelintir media.

    BalasHapus
  10. Ahok, nggak bisa seenak perutmu bongkar tempat Ibadah, siapkan pengganti. Karena Sholat itu tidak sama dengan pergi ke gereja sekali seminggu. Sholat itu lima waktu sehari. Jadi andapun harus paham itu. Nggak segampang pindah ke mesjid lain. Seharusnya siapkan mesjid pengganti sementara! Jangan mentang-mentang punya kuasa Arogan boss!!

    BalasHapus
  11. =====wah..kalo nulis berita diteliti dulu donk om.....
    itu maksudnya bukan pembongkaran...wong juga nanti di ganti menjadi lebih baik kok...
    maksud ahok mesjid dibongkar itu dijadiin rusun,seteah rusun selesai dibangun lagi mesjid atau tmpt ibadah....ni kok malah di pelintir...======

    Emang Sholat bisa ditunda. Jadi pemimpin tuh harus berpikir dari seribu satu sisi, jangan sisi aturan aja!!

    BalasHapus
  12. Tanggung sendiri akibatnya,...... SIAPA SURUH PILIH JOKOWI - AHOK......

    BalasHapus
  13. Seperti diketahui, pembongkaran Masjid Baitul Arif sempat diprotes warga sekitar. Menurut warga pembongkaran itu dilakukan secara mendadak, tanpa sebelumnya bermusyawarah dengan pemuka agama dan tokoh setempat. sumber : http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2030210/masjid-baitul-arif-dibongkar-ini-penjelasan-ahok
    kenapa gak musyawarah dulu ya...

    BalasHapus
  14. setahu gw di sepanjang jl jatinegara barat emang gak ada masjid, baru tahu ada masjid Baitul Arif. Kalo dibongkar trus pada sholat jumat dimana ya...

    BalasHapus
  15. Keliatan dah mana yg jokohok fans mania... walaupun melukai ummat islam, yg penting bela dulu si jokohok

    BalasHapus
  16. REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama membenarkan bahwa pembongkaran Masjid Baitul Arif di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur memang untuk dibangun rumah susun. Namun demikian, ia menegaskan bahwa di area rusun juga akan dibangun masjid baru.

    "Rusunnya kalau sudah jadi kita bikin masjid. Di rusun Marunda di rusun Daan Mogot kita juga bikin masjid kok," ujar dia di Balai Kota, Selasa (17/9).

    Karenanya, sulung dari empat bersaudara ini meminta agar warga untuk sementara bisa menunaikan shalat di masjid lain. Sebab, katanya, jika tidak dibongkar, maka pemerintah tidak bisa membangun rusun dan masjid baru.

    "Jadi harus dibedakan mana yang bongkar rumah ibadah sementara untuk dibangun lebih baik sama membongkar untuk melarang orang shalat. Beda lho," ujar suami dari Veronica Tan ini.

    Sebelumnya, warga Jalan Jatinegara Barat mengeluhkan pembongkaran Masjid Baitul Arif yang berada di atas tanah milik Pemda DKI. Menurut mereka, pembongkaran rumah ibadah tersebut tanpa didahului musyawarah dengan pemuka agama setempat.

    BalasHapus
  17. LIHAT TUH SI AHOK UDAH SEWENANG WENANG... ITU BARU BEBERAPA MESJIDD TAHUN DEPAN MUNGKIN LBIH BANYAK LAGI...INGAT ISLAM JANGAN MAU DI INJAK2

    BalasHapus
  18. ini mah media abal2 bikin berita kok ga ditelusuri dulu dengan benar

    BalasHapus
  19. Ngaco....media yg begini yang buat warga saling bertengkar satu dengan yang lain, dan membawa2 sara. bagi yang membaca dihimbau untuk mempelajari lebih lanjut sebelum ambil penilaian.

    BalasHapus
  20. Media yang abal abal selalu mengambil berita dari sisi negatifnya saja utk mengadu domba umat manusia.jangan jangan ini yang nulis belum pernah makan bangku sekolah...

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. 1. Memang Ahok ya yang suruh bongkar? Bukannya itu tugasnya Walikota Jaktim dan dia yang nyuruh bongkar, salah satu alasannya karena ada di lahan Pemda yg resikonya memang bakal digusur kalau Pemda mau memakai tanah tsb?

    2. Apa hukumnya secara agama kalau masjid berdiri di tanah yg 'dipinjamkan' trus mau diambil lagi sama yg meminjamkan? Haram atau halal kalau begitu? Trus kalau sholat disitu haram atau halal juga jadinya?

    3. Apa iya orang ga bisa sholat hanya karena satu masjid dibongkar? Apa iya masjid itu Rumah Tuhan dan ga boleh dibongkar dengan alasan apapun? Rumah Tuhan banyak sekali di Jakarta dan tidak boleh satupun diperuntukkan untuk kemaslahatan rakyat banyak plus diganti masjid baru? Ini yang egois Tuhan atau umatnya?

    4. Kok bukan pelakunya Walikota Jaktimnya yang dihujat? Apa karena dia bukan pribumi dan bukan muslim?

    5. Pilih mana, orang yg taat peraturan tapi Cina atau orang yg melanggar aturan tapi bawa nama agama?

    Jawab dulu deh, gw bukan bela Ahok, gw muslim dan yg gw bela adalah jangan sampai Islam dipakai untuk tujuan segelintir kelompok dan kebencian kepada seseorang.

    BalasHapus
  23. warga DKI sudah salah memilih pemimpin NYA. ,,,,,,,ya wajar lah ahok itu membongkar mesjid karena dia adalah yahudi, nasrani,,,,n dajjal, sudah lahir untuk menhancur kan islam ini lah yg terjadi di jakarta sekarang ahok (dajjal) seharusnya tidak di pilih oleh kaum islam untuk memimpin negara maka terimalah sebuah negara apabila negara telah dipipin oleh cina maka bala bahaya akan terjadi ke permukaan bumi ini n kehancuran itu janji allah.

    BalasHapus
  24. Itu properti ada di atas tanah negara, jadi pemerintah SECARA HUKUM sebenernya berhak mau ngapain juga sebagai pemilik lahan. Toh nanti masjidnya akan dibangun ulang bersama dengan rusun.

    BalasHapus
  25. klo memang tu masjid di bongkar buat rusun trus akan dibangun masjid baru.....jamaah mo sholat dimana digereja....nunggu rusun ma masjid jadi....

    BalasHapus
  26. http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/09/17/mt982t-ahok-klarifikasi-soal-pembongkaran-masjid-di-jatinegara

    Kalo bikin berita jangan setengah2.
    Ni blogger bikin info sesat yg tujuannya ngadu domba aja kyknya

    BalasHapus
  27. Yahh.... Ini namanya sama dengan bibib ef pe i. Dipikir dong yg dewasa..loe orang pada ribut masjid di bongkar, pdhl blm tentu mampu mensejahterakan masjid. Sadar deh, ga usah kyk sinetron...

    BalasHapus
  28. warga jatinegara sudah cerdas dan tidak mau di profokasi saluut

    BalasHapus
  29. Apa saja kata wartawan mempengaruhi pembaca koran
    Bila wartawan memuji, dunia ikut memuji
    Bila wartawan mencaci, dunia ikut membenci
    Wartawan dapat membina, pendapat umum di dunia
    Apa saja kata wartawan mempengaruhi pembaca koran
    Bila wartawan terpuji,bertanggung jawab berbudi
    Jujur tak suka berdusta, beriman serta bertaqwa
    Niscaya besar jasanya dalam membangun dunia
    Tetapi bila wartawan suka membuat keonaran
    Tak jujur suka bedusta, tak beriman tak bertaqwa
    Biasa merusak dunia, ibarat racun dunia

    BalasHapus
  30. Itulah kalo milih pemimpin yang bukan seagama..... selamatlah kepada yang milih pasangan ini dulu...

    BalasHapus
  31. wah..wah...yang gak dukung pak jokowi-ahok pada sarap disini...(kayaknya masih sebel jagoannya ga menang)
    terus sekarang mengatasnamakan agama..dikarenakan pak ahok bukan seorang muslim maka ia semena2 membongkar masjid..pie toh, wong dia bongkar masjid juga bukan tanpa alasan, semuanya demi kepentingan bersama juga kok...
    lalu yang bilang shalat dimana?masak d tempat lain/masjid lain?lah wong ibadah kok itung2an...ingat sob lebih berat kita dalam menjalankan ibdah lebih besar pahalanya....

    BalasHapus
  32. yg pasti pejabat pemda yg suka korup & mata duitan pasti suka sama kejadian ini , soalnya jokoahok menjegal yg namanya korup di tubuh pemda dki

    hahaha

    BalasHapus
  33. situs sara,tujuannya cm mengadu domba,masuklah engkau ke neraka jahanam. pada saatnya,,hanya penyesalan bagimu. lihatlah kenapa negara islam selalu konflik,ternyata watak manusianya begini,cm bs menyalahkan org lain atas kebodohan sendiri

    BalasHapus
  34. harusnya diberitakan pula alasan ahok membongkar masjid. biar tidak ada salah faham dari pembaca. kalau seandainya demi kemaslahatan orang banyak, kenapa tidak. seperti ada pelebaran jalan dll. dan selama masjid dibongkar, tidak ada salahnya mengungsi dulu ke masjid lain, toh masjid di ibu kota ini bukan satu dua bijiu. gampang nyari masjid..

    BalasHapus
  35. tanda2 hancurnya suatu bangsa adalah ''memilih orang kafir menjadi pemimpin...''

    BalasHapus
  36. Astagfirullah, mudah2an ahok diberi hidayah sama allah...

    BalasHapus
  37. Seharusnya si ahok ni yg dt tembak teroris, jangan malah polisi yg gak berdaya...ayo, brani gak para teroris bunuh si ahok???!!!! Jangan banci !!!!

    BalasHapus
  38. wah rame yah kalo masalah ginian..:)

    BalasHapus
  39. bener salah kalo sama penggemar atau fans ga kan ngaruh .. seribu macam pembenaran kan di lontarkan, tapi yg jelas pembenaran apapun tetap akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat nanti

    BalasHapus
  40. Kalo gereja boleh ya digusur gitu aja, pdhl jemaatnya mau beribadah.. kalian pikir ini negara islam, yg disitu diatur, masjid ga boleh dibongkar gitu aja krn melanggar syariat islam dan melecehkan agama, sdngkan gereja boleh dibongkar kapan sja, krn tidak punya ijin mendirikan bangunan???????????????

    BalasHapus
  41. wa mesti tiau ini wagub punya muka maa.... baru fight

    BalasHapus
  42. kalo mesjid aja heboh kayak gini tapi gereja dibongkar sesuka hati ga pernah ada pemberitaan sampe kayak gini. kalo pas pembongkaran mesjid aja heboh kali ngmgin soal ibadah, tapi pembongkaran gereja ga pernah mikirin soal jemaatnya yang mau ibadah juga. kalo islam dibikin ga senang langsung heboh ga penting, tapi berita soal kepala daerah yang disuruh mundur cuma karena beragama kristen yang di daerah klenteng gak pernah dibahas dan dipedulikan. wow! ngeri kali nasib minoritas di Indonesia ini ya! :'D :'D

    BalasHapus
  43. Berani beraninya bongkar rumah ibadah Agama Islam tanpa kordinsai dengan MUI...hmmm...mudah2an diberi kesehatan dan panjang umur...kemudian bisa merasakan azab dari yang punya rumah...

    BalasHapus
  44. Berani-beraninya bongkar rumah ibadah Islam yang notabene rumahNya Allah SWT tanpa koordinasi dengan MUI...mudah2an aja si Ahok diberi kesehatan dan panjang umur...supaya dia rasakan azab yang akan menimpanya di dunia ini...

    BalasHapus
  45. kenapa org2 gk bercermin,,bilang dengan mudah kafir...?? mengkafirkan orang.Pelajari dulu Kitab lu..kalau emang harus diajarkan membunuh.ywdh bunuh aja semua gan,sisakan yg seagama.di jamin masuk surga gan gitu aja koq report...

    BalasHapus
  46. Kenape..pade pilih si kokoh ahok..iye gitu jadinye

    BalasHapus
  47. Menurut ane,...semua orang harus bisa mikir pake kepala dingin.
    Soalnya urusan agama itu terlalu sensitif....
    mari kita cr permasalahannya, "KENAPA SI PEMDA DKI BERANI BONGKAR MASJID?"
    Apa itu memang sudah sesuai peraturan ?
    Atau si pemda DKI sewenang2 maen bongkar ?
    Secara logika, gak mungkin pemerintah maen bongkar2 lahan yg bukan hak nya?
    Mari kita renungkan dlm hati, sebenarnya ini salah siapa? n mengapa?
    Kalo masjid itu berada di lahan yg benar ,..gak mungkin kok di bongkar??
    Kenapa kita sebagai umat muslim yg katane bersaudara....np gak saling bantu min dg iuran bt beli tanah yg hak nya untuk dibangun mesjid ?
    Kalo itu tanah memang hak nya......sampai tahun kapan pun y gak bakal berani da yg bongkar !!!!
    Intinnya jangan menyalahkan orang lain sebelum kita bercermin pada diri sendiri !!

    Setahu ane ,..ajaran baginda Rasul itu seperti itu.......

    #hamba Allah SWT yg berfikir pake logika

    BalasHapus
  48. Ahok sudah keterlaluan dan dia harus di lawan oleh Umat Islam ..... mentang2 jadi Wakil Gubernur jadi arogan ....... Saya menghimbau umat Islam melawan arogansi ahok

    BalasHapus
  49. Bulan lalu, pembongkaran Masjid Baitul Arif memancing kontroversi hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) turun tangan. Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat Tengku Zulkarnain menilai Pemda DKI sudah bertindak layaknya 'Koboy', karena telah sewenang-wenang membongkar Masjid Baitul Arif tanpa berkoordinasi dengan masyarakat sekitar dan tokoh pemuka agama setempat.
    "Masjid adalah rumah Allah, rumah ibadah umat Islam. Ada aturan syariat yang berlaku di dalamnya. Tidak boleh bertindak seenaknya saja," kata Tengku, 18 September lalu.

    BalasHapus
  50. di jakarta masih banayak tanah milik pemerintah atau lahan kosong untuk dijadikan rusun kenapa harus masjid, ini akan merusak toleransi agama dan toleransi antar etnis
    yg umat muslim berikan,

    BalasHapus
  51. gak usahlah banyak komentar. pak ahok punya alasan tertentu membongkar t4 ibadah tsb krn tu kan tanah pinjaman pemda y mungkin surat ijin nya blum ada. dan tanah itu akn digunakan tuk kpntingan msyarakat. sedangkn t4 ibadah dari agama lain juga begitu. hanya awal masalh ni ja y ditampilkan. klian gak tau akhirnya kan..?? masalah ni sudah selesai, jd gak usah diperdebatkan. jadi jangan terlalu terobsesi terhadap pendapat2 yang anarkis. ini negara hukum. dan pak ahok diminta tuk bertindak secara hukum.

    BalasHapus
  52. RENOVASI masjid karena permintaan yg diajukan DKM kpd pemerintah apa bukan untuk kepentingan jemaah...?,

    BalasHapus

Item Reviewed: Ahok Bongkar Masjid Baitul Arif, Ini Tuntutan MUI Rating: 5 Reviewed By: Bersama Dakwah